Mengenai Saya

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Cerebrovaskular Desease (CVD)


Cerebrovaskular Desease (CVD) adalah kehilangan fungsi otak yang diakibatkan oleh terhentinya darah ke bagian otak. Penyebabnya adalah  Aliran darah ke bagian otak berhenti diakibatkan trombosis (bekuan darah dalam pembuluh darah otak atau leher) dan embolisme (bekuan darah, udara atau lemak yang dibawa ke otak bagian tubuh lain )


                   Stroke Trombosis: Infiltrasi lemak abnormal terjadi pada lapisan intima pembuluh darah arteri dan membentuk plak atherosklerotik. Plak ini mengakibatkan penyempitan lumen pembuluh darah dan menjadi sumbatan sehingga aliran darah berkurang sampai terhenti sehingga mengakibatkan hipoperfusi, infark dan iskemia serebral. Trombosis ini berhubungan pula dengan adanya hipertensi dan diabetes mellitus, dimana mempercepat proses atherosklerosis.
Stroke embolitik: embolus dapat berupa udara, lemak dan fraktur tulang femur atau tumor. Emboli juga dapat berasal dari jantung berupa bekuan darah yang terbawa oleh aliran darah ke otak. Emboli ikut melalui pembuluh darah dan menjadi sumber obstruksi arteri serebral dan mengakibatkan aliran darah menurun atau terjadi oklusi sehingga dapat terjadi nekrosis dan edema pada area yang seharusnya disuplai oleh arteri tersebut.



                   Terapi dan penatalsanaan mediknya terdiri dari terapi farmakologi: Antikoagulan, Diuretik, Antiplatelet, dan terapi surgical: Transluminal angioplasty, EC-IC bypass
Perawatan akut: Pertahankan jalan napas, terapi cairan, anticoagulan, diuretik. Sementara komplikasi yang dapat terjadi adalah
·         Infark dan iskemi jaringan otak akibat hipoksia serebral
·         Herniasi otak
·         Coma dan kematian





 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar